Okonomiyaki.. :)

Masakan Jepang yang satu ini pengen banget tak coba. Dulu pernah kucoba tapi pake resep turunan dari martabakq. Rasanya.. hhmm, kalo bikinanku selalu enak. hehe.. Tapi sebenarnya tahukah kamu apa itu okonomiyaki? huehue…

Secara bahasa aslinya, Okonomiyaki artinya adalah “cook what you like”. Memang makanan ini disajikan secara mentahnya dan dimasak sendiri sesuai keinginan pembelinya. Kalo di warung Jepang, tiap meja pembeli ada teppan-nya. Teppan tu kayak wajan datar itu lho.. eh, wajan kok datar. ehm.. sejenis kayak masak martabak gitu.

Seperti ini mentahnya, sebelum dicampur

Jadi sebetulnya kalau mau ditanya, okonomiyaki itu terbuat dari apa? Maka akan sulit. Karena Anda bisa memasukkan apa saja ke dalam adonan. Bisa daging, bisa seafood, bisa ayam, bisa urat, bisa kerang ….apa saja. Tapi adonan itu yang penting. Adonan itu adalah cabbage (kol)yang diiris halus dan diberi telur serta tepung. Itu saja. Jadi mudahnya, kita bayangkan saja DADAR TELOR, yang kemudian diisi macam-macam sesuai selera. Setelah adonan dicampur, dituangkan ke atas lempeng besi panas itu. Setelah jadi, diberi saus bulldog (seperti saus Inggris) dan mayoneisse. Boleh ditambah irisan bonito (katsuobushi) dan nori bubuk (nori = gagang laut). Dan bagi orang Indoensia tentu saja bisa menaruh sambal di atasnya. Dikutip dari link ini.

Mau tahu kayak gimana okonomiyaki tu? hhhmm.. yummy

Pertama kali tau okonomiyaki ini, pas liat dorama yang judulnya Teppan Shoujo Akane. Liat Akane masak, jadi ngilerr..

Akhirnya saya eksperimen sendiri pake resep martabakq. Kalo punyaku kayak gini resepnya :

Bahannya: telor, tepung terigu, daging sapi giling, daun bawang, trus kalo sayurnya bisa pake cabbage atau kol juga bisa. biar agak berasa dikit pake garam atau air kaldu. Ya udah, campur aja semuanya trus dimasak di wajan datar itu. Kalo udah bisa dikasih saus atau mayones. Gampang kok. Asal buatnya dari hati ke hati. huehue..

Maunya sih nanti kalo bisa bikin lagi, mau tak tambah bonito. Untungnya di kotaku Malang tercinta ini, ada yang jual bonito di LaiLai. hehe. Kapan ya bisa terealisasikan. huhuhu

Sebenarnya Okonomiyaki terdiri dari dua versi:

  • versi Kansai: irisan kol dicampur dengan adonan seperti sewaktu membuat fuyunghai
  • versi Hiroshima (Hiroshimayaki): irisan kol hanya diletakkan di atas adonan yang dibulatkan seperti membuat panekuk

Kalo punyaku versi apa ya? Versi malangan… hahahaha 🙂

Selamat mencoba sodara-sodara..

Unusual Eid Al-Adha

Dear Falcon,

Rabu, 4:20 AM

Sendiri di saat pagi buta setelah sholat malam dan subuh, ditemani oleh kumandang takbir Idul Adha bersahutan, saya menatap layar falcon memikirkan kata2 yang akan saya tuangkan dalam blog ini.  Sebenarnya ini hanyalah review kegiatan saya pada hari Selasa kemarin. Sekarang takbir berkumandang, tapi sebenarnya saya sudah berhari raya kemarin. lho kok bisa? Yah, seperti tahun2 sebelumnya yang selalu ada perbedaan tantang hari raya, maka tahun inipun juga. Yang membuatnya berbeda adalah pada hari Selasa kemarin meskipun sedang berhari raya, tapi tidak libur lho. Karena sebenarnya yang libur adalah hari ini. Hhhmm, sungguh tidak menyenangkan.

Jadi, kemarin setelah saya sholat Id, rencananya saya mau pergi ke kosnya nur buat nggarap PCD. Coz katanya mau dikumpulin jam 3 nya nanti. Saya juga sudah mendonlod program yang akan diremastering. Lumayanlah, dapet 4. So, dari pagi sampai menjelang kuliah dimulai, kami sibuk memahami isi program. Gak taunya, waktu kuliah datang dan kami sudah agak siap dengan program remastering kami, tiba2 sang dosen marah dan menggebrak meja, karena orangnya badmood sedangkan ada yang  ramai. Hadu, padahal waktu itu saya sudah niat mendengarkan kuliahnya, dan mulai agak paham, tapi ternyata jadi begini. Otomatis orangnya pergi dan ogah mengajar kami. Disinilah rasa badmood mulai menjalar dalam diriku. Wuzzz 😦

Sudah ah, saya tidak mau membahas lebih detail kejadian di atas. Mengingatnya kembali saya makin badmood. Di kelas tadi saya jadi lemes. Gak tau mau ngapain. Akhirnya dikelas tadi hanya mendengarkan curhat sang kakak, hendra, trus ngobrol2 bentar sama teman2 tentang kejadian tadi. Karena sudah sore saya meninggalkan kelas saja.

Di tangga saya sudah disambut oleh yang tercinta. Hhmm, afterall, pengobat rasa badmoodku yang paling ampuh adalah bersamanya. Thanks anata 🙂 .  Setelah sedikit curhat, saya makan bubur ayam di ITN ditemani lampu lilin temaram (karena lagi mati lampu disananya). Wahaha, ceritanya candle light dinner nih. Emang bis hujan gini enaknya maem yang hangat2. Setelah makan kami sholat magrib trus pulang. Sampai rumah, saya langsung meninggalkan dunia ini alias tidur sejenak. Eh, tapi gak sejenak sih. Sampai jam 3 tidurnya.. Hhmm, dan pagi ini saya siap menyambut kegiatan2 dirumah. Mungkin dengan membuat sate ala tepoe queen 🙂

Semoga hari ini menjadi hari yang baik. 🙂

Inauguration and Explosion

dear falcon…

huff

hari ini banyak acara. Pagi2 bangun udah setrika baju ma ngepel teras. kudu cepet2 coz hari ini saya mau berhedon ria. 😀

Yang pertama ada acara inagurasi pengurus baru di SMA. Pengurus baru dari ekskul tercintaku, PCC (Pioneer Conversation Club). Buat yang belum tahu, PCC itu semacam kegiatan ekstra bahasa inggris yang paling tua dan terkenal lah di skulq.  Berkat ikut ekskul ini aq jadi lumayan lancar bahasa inggris terutama di speaking. Dan saat itulah kepercayaan diriku tumbuh di ekskul ini. Maklum lah, saya kan orangnya pemalu (blush).. Dan saya anggota paling aktif radiaktif pokoknya, jadi kudu dateng.. Dulu kalo gak slah jadi bendahara. Ket mbiyen kok bendahara seh? cckck..

Nah, acaranya itu seperti biasa, dari tahun ke tahun sama saja. Ada penobatan pengurus baru, pertunjukan macam drama, akustik, paduan suara, dan yang paling ditunggu tunggu oleh saya adalah… MAKAN TUMPENG… 😀    Lapar bo’, dari tadi ngliatin drama cuma dikasih air putih..

Dan akhirnya makan2 selesai. kenyaaanng.. Pesan dan kesan dari acara ini adalah, saya semakin bangga dengan adek2 saya yang lebih maju dari kakak2nya. Trus, especially for my beloved teacher, Mr.B, jangan sedih ya pak, walaupun gak dihadiri guru-guru tapi saya setia dengan PCC. hiks. Semangaaaat paakk!!

Dan akhirnya saya ganti acara lagi. Heading to the MOG!! Halah..

Setelah njemput nur ke kosnya, saya berangkat ke MOG. Acaranya disini saya mau lihat Parade Korea bertajuk Hallyu Explosion 2010.  Pas udah nyampek sana, eeehhh, tiketnya nur ketinggalan. dasar!! arek kok koplak.. balik deh ke kosnya nur. Hhhmm, hari ini saya melewati MOG 4 kali.. whew!

Pas udah nyampek MOG dan masuk ke acaranya di lt.3, saya ternyata kecewa berat!

Why?

Hhhmm, udah gak dapet light stick, bazarnya ternyata gak sepadat dan serame yang q kira. Trus liat dance yang agak.. hhmm,apa ya? gak banget pokoknya. lemes banget.. trus ndengerin orang nyanyi di panggung tapi kayak nyanyi di karaokean. hadeehh.. trus yang paling penting saya kehabisan bazar makanan…

Oh tidaaakk!!

tujuan saya adalah makan makanan korea ituuu.. T.T  Sedih campur aduk bete.. Mau nyobain pake hanbok tapi kok males banget nunggunya. dah gak semangat lagi.. Akhirnya aku, ismi, dan nur hanya berfoto2 ria. nih fotonya..

Karena kecewa berat kami meninggalkan acara itu dengan lapang dada.. haiissshh

Mending ke Giant aja, pikirku ma nur.. kompak banget deh kita masalah beginian. Dan akhirnya q dapet Cornello Sweetheart Brownies. Nyamm.. 🙂  Hidup serasa indah kembali. Lebay mode : off

Trus kita muter2 mog lagi buat nyari tas baru buat aku.. ihiiirr,,, tas baru, tas baru..

Terima kasih untuk ismi dan nur yang telah memilihkan tas buat akyu.. thx sister.. ^^

Setelah itu, kami meninggalkan MOG buat mencari seonggok nasi yang tercecer.. opo ae.. 😛

akhirnya kita mkan2 di bakso CNS di veteran. sama beli dawet yang wenaaakkk… trus bis tu sholat ashar bersama dan setelah itu pulaang..

badan udah remek nih.. udah ngantuk..