Okonomiyaki.. :)

Masakan Jepang yang satu ini pengen banget tak coba. Dulu pernah kucoba tapi pake resep turunan dari martabakq. Rasanya.. hhmm, kalo bikinanku selalu enak. hehe.. Tapi sebenarnya tahukah kamu apa itu okonomiyaki? huehue…

Secara bahasa aslinya, Okonomiyaki artinya adalah “cook what you like”. Memang makanan ini disajikan secara mentahnya dan dimasak sendiri sesuai keinginan pembelinya. Kalo di warung Jepang, tiap meja pembeli ada teppan-nya. Teppan tu kayak wajan datar itu lho.. eh, wajan kok datar. ehm.. sejenis kayak masak martabak gitu.

Seperti ini mentahnya, sebelum dicampur

Jadi sebetulnya kalau mau ditanya, okonomiyaki itu terbuat dari apa? Maka akan sulit. Karena Anda bisa memasukkan apa saja ke dalam adonan. Bisa daging, bisa seafood, bisa ayam, bisa urat, bisa kerang ….apa saja. Tapi adonan itu yang penting. Adonan itu adalah cabbage (kol)yang diiris halus dan diberi telur serta tepung. Itu saja. Jadi mudahnya, kita bayangkan saja DADAR TELOR, yang kemudian diisi macam-macam sesuai selera. Setelah adonan dicampur, dituangkan ke atas lempeng besi panas itu. Setelah jadi, diberi saus bulldog (seperti saus Inggris) dan mayoneisse. Boleh ditambah irisan bonito (katsuobushi) dan nori bubuk (nori = gagang laut). Dan bagi orang Indoensia tentu saja bisa menaruh sambal di atasnya. Dikutip dari link ini.

Mau tahu kayak gimana okonomiyaki tu? hhhmm.. yummy

Pertama kali tau okonomiyaki ini, pas liat dorama yang judulnya Teppan Shoujo Akane. Liat Akane masak, jadi ngilerr..

Akhirnya saya eksperimen sendiri pake resep martabakq. Kalo punyaku kayak gini resepnya :

Bahannya: telor, tepung terigu, daging sapi giling, daun bawang, trus kalo sayurnya bisa pake cabbage atau kol juga bisa. biar agak berasa dikit pake garam atau air kaldu. Ya udah, campur aja semuanya trus dimasak di wajan datar itu. Kalo udah bisa dikasih saus atau mayones. Gampang kok. Asal buatnya dari hati ke hati. huehue..

Maunya sih nanti kalo bisa bikin lagi, mau tak tambah bonito. Untungnya di kotaku Malang tercinta ini, ada yang jual bonito di LaiLai. hehe. Kapan ya bisa terealisasikan. huhuhu

Sebenarnya Okonomiyaki terdiri dari dua versi:

  • versi Kansai: irisan kol dicampur dengan adonan seperti sewaktu membuat fuyunghai
  • versi Hiroshima (Hiroshimayaki): irisan kol hanya diletakkan di atas adonan yang dibulatkan seperti membuat panekuk

Kalo punyaku versi apa ya? Versi malangan… hahahaha 🙂

Selamat mencoba sodara-sodara..

Advertisements

9 thoughts on “Okonomiyaki.. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s